Pengarahan IBLCE
Juni 2019
Pembaruan Penting atas Program Sertifikasi dan Resertifikasi IBCLC

Pada tahun 2018, sukarelawan IBLCE ® melakukan peninjauan menyeluruh terhadap persyaratan program sertifikasi dan resertifikasi IBCLC ® sebagaimana disarankan dalam praktik terbaik. Lalu, pada bulan Juli 2018, IBLCE memberikan para pemangku kepentingan kesempatan untuk menghadiri jajak pendapat guna mengkaji pembaruan yang mungkin dilakukan. IBLCE dengan cermat mempertimbangkan masukan ini dan akan melaksanakan pembaruan program sertifikasi dan resertifikasi IBCLC dalam beberapa tahun ke depan. Informasi berikut ini menyajikan pembaruan persyaratan, alasannya, dan tanggal berlaku. Perubahan ini, yang akan dilakukan secara bertahap sebagaimana diuraikan di bawah ini, dirancang untuk memperlancar dan meningkatkan program IBCLC.

 
Pembaruan Kelayakan Sertifikasi IBCLC
 
·         Mulai 1 Maret 2020, untuk mereka yang mengajukan permohonan mengikuti ujian pada Oktober 2020 beserta pelaksanaan ujian pada tahun-tahun setelahnya, jam klinis yang didapatkan melalui organisasi tertentu yang merupakan salah satu Organisasi Konselor Bantuan Menyusui yang Diakui IBLCE ( IBLCE Recognised Breastfeeding Support Counsellor Organisation ) akan dihitung berdasarkan jam-per-jam ( hour-per-hour ), karena tarif-tetap tidak akan diberlakukan lagi. Dengan melakukan perubahan ini, IBLCE memperbarui persyaratannya agar sejalan dengan perubahan yang dialami dan makin banyaknya organisasi yang menawarkan berbagai kesempatan bagi sukarelawan.

·         Untuk permohonan mengikuti ujian untuk bulan April 2021 dan pelaksanaan ujian pada tahun setelahnya, lima (5) jam yang difokuskan pada kemampuan komunikasi akan ditambahkan sebagai pendidikan wajib ke dalam 90 jam pendidikan khusus laktasi. Sebanyak lima (5) jam tambahan ini diharapkan memiliki kaitan langsung dengan laktasi dan perawatan menyusui. Namun demikian, ini bukanlah keharusan. Perubahan ini direkomendasikan karena komunikasi merupakan bidang pokok dalam dalam Kerangka Isi Terperinci IBCLC ( IBCLC Detailed Content Outline ) dan karena dalam praktiknya IBCLC harus memahami klien dan memberikan rencana perawatan yang paling tepat, terlibat aktif dalam mendengarkan dan memberikan dukungan emosional, serta membantu klien membuat keputusan yang matang berdasarkan informasi yang ada.
 
Pembaruan Resertifikasi IBCLC
 
·         Sebagai pembaruan untuk resertifikasi IBCLC melalui pemberian CERP, mulai 1 Januari 2020 , IBLCE akan memberikan dua (2) CERP untuk setiap satu tahun penuh layanan sukarela, setelah tanggal mulai tersebut, kepada dewan organisasi non-pemerintah yang mempromosikan dan/atau mendukung program menyusui. Sebanyak maksimum 10 L-CERP dapat diperoleh dengan cara yang sama selama siklus resertifikasi lima tahunan. Pengalaman kepemimpinan seperti ini sangat penting dan akan diakui melalui pemberian CERP.

·         Untuk resertifikasi IBCLC, baik melalui ujian maupun CERP pada tahun 2021 dan tahun-tahun setelahnya, IBLCE akan mewajibkan 250 jam praktik (baik penuh-waktu maupun paruh-waktu) selama siklus resertifikasi lima tahunan dalam konsultasi laktasi di bidang praktik, pendidikan, administrasi, penelitian, dan/atau advokasi klinis. Perhitungan jam ini dapat diperoleh, baik dari praktik sukarela maupun berbayar, atau kombinasi keduanya. Keahlian klinis merupakan salah satu bidang pokok dari Kerangka Isi Terperinci IBCLC ( IBCLC Detailed Content Outline ) dan cara terbaik untuk terus mengasah keahlian ini adalah melalui praktik aktif.

·         Untuk resertifikasi IBCLC, baik melalui ujian maupun CERP pada tahun 2021 dan tahun-tahun setelahnya, IBLCE akan mewajibkan pendidikan bantuan hidup dasar dalam setiap periode sertifikasi lima tahunan. Contoh materi pendidikan yang sesuai adalah Resusitasi Jantung Paru ( Cardiopulmonary Resuscitation , CPR) dan Program Resusitasi Bayi Baru Lahir ( Neonatal Resuscitation Program , NRP). Sebagai tenaga profesional kesehatan yang melakukan perawatan pribadi, pendidikan bantuan hidup dasar adalah hal yang penting bagi keselamatan klien dan pasien.

·         Pada tahun 2021, IBLCE akan memperkenalkan Status Pensiunan untuk IBCLC aktif yang ingin pensiun dan tidak lagi menjalankan praktik sebagai IBCLC. Untuk waktu yang terbatas, mereka yang hingga kini memiliki sertifikasi dengan reputasi baik akan dapat mengajukan permohonan status ini. Tanggal untuk pengajuan permohonan ini akan diumumkan pada lain waktu. Mereka yang memperolehnya dapat menggunakan status “Pensiunan IBCLC” pada daftar riwayat hidup, atau di bawah nama mereka pada kartu nama. Namun, status ini tidak boleh ditulis secara langsung sebagai kredensial aktif di belakang nama atau tanda tangan. Tujuan dari status ini adalah memberikan pengakuan dan ditujukan untuk mereka yang tidak lagi berpraktik secara aktif sebagai IBCLC dan tidak memiliki niat untuk kembali menjalankan praktik.

·         Pada tahun 2021, IBLCE akan memperkenalkan Status Tidak Aktif untuk IBCLC yang saat ini aktif, tetapi tidak dapat memenuhi persyaratan resertifikasi pada tahun resertifikasi yang sudah dijadwalkan dan berniat mendapatkan resertifikasi dalam satu tahun. Selama Status Tidak Aktif berlaku, seorang IBCLC tidak secara aktif memegang kredensial IBCLC. Untuk mendapatkan kembali sertifikasi IBCLC, seorang IBCLC dengan Status Tidak Aktif dapat mengikuti dan lulus dari ujian tanpa harus memenuhi persyaratan kelayakan saat itu. IBCLC dengan Status Tidak Aktif dapat pula melakukan resertifikasi melalui CERP (75 CERP) yang akan mencakup penilaian mandiri (lihat di bawah) serta diharuskan menyelesaikan 15 CERP tambahan. Jika seorang IBCLC tidak mengajukan permohonan resertifikasi selama memegang Status Tidak Aktif, ia harus mengikuti dan lulus dari ujian dengan memenuhi persyaratan awal kelayakan kandidat. Jika seorang IBCLC memilih untuk tidak memegang Status Tidak Aktif dan membiarkan sertifikasinya kedaluwarsa, ia harus mengikuti dan lulus dari ujian dengan memenuhi persyaratan awal kelayakan kandidat.
·         Dimulai dari resertifikasi yang dilakukan pada tahun 2022 , ujian untuk IBCLC akan tetap menjadi OPSI untuk resertifikasi, tetapi tidak lagi menjadi PERSYARATAN, karena penilaian mandiri dan pendidikan wajib berkelanjutan yang terfokus akan dijadikan opsi pengganti ujian dalam setiap periode resertifikasi lima tahunan. Penilaian mandiri mendorong refleksi diri dengan membantu pemegang sertifikat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Pada akhirnya, ini akan akan dapat memberi arah bagi pendidikan berkelanjutan. IBLCE menerapkan perubahan ini hanya pada saat dimulainya penilaian mandiri, tidak sebelumnya.
 
 
Pembaruan Tambahan
 
Terkadang kandidat atau IBCLC tidak bisa mengikuti ujian atau mengajukan permohonan resertifikasi melalui CERP karena terjadinya suatu kondisi luar biasa. Mulai 1 September 2019 , IBLCE akan mendefinisikan kondisi luar biasa ini secara lebih spesifik. Kondisi luar biasa mencakup penyakit terminal atau cedera parah yang diderita kandidat/pemegang sertifikat atau anggota keluarga dekat, kematian anggota keluarga dekat, terjadinya bencana alam yang tidak bisa dihindari, atau perubahan terkait dengan tugas militer aktif. Ini akan membantu klarifikasi kondisi tertentu yang dialami kandidat dan IBCLC yang ingin mengajukan permohonan perpanjangan sertifikasi atau penangguhan biaya.

Harap diperhatikan bahwa perincian lebih lanjut tentang pembaruan ini akan ditampilkan di situs web IBLCE ketika Panduan Informasi Kandidat ( Candidate Information Guide ) dan Panduan Resertifikasi ( Recertification Guide ) diperbarui pada bulan September 2019 untuk ujian IBCLC 2020.

IBLCE dengan bangga mempersembahkan penyempurnaan program yang dirancang untuk menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dan memperkuat program IBCLC.
Perubahan Prosedur Pendisiplinan Kode Etik Profesional untuk IBCLC dan Formulir Pengaduan Kode Etik Profesional IBLCE
Komite Etik & Disiplin (E&D) IBLCE bekerja keras untuk melindungi kredibilitas kredensial IBCLC dan kesejahteraan keluarga menyusui di seluruh dunia. Komite E&D IBLCE memiliki anggota yang terdiri dari IBCLC dan anggota masyarakat. IBLCE mendorong IBCLC untuk menegakkan standar perilaku etik yang tinggi, sementara Komite E&D ditugaskan untuk menyelidiki dan menuntaskan dugaan pelanggaran. Proses ini dirancang agar adil dan seimbang, baik untuk IBCLC yang menanggapi maupun pemangku kepentingan yang mengajukan pengaduan.

Dalam menjalankan praktik profesionalnya, pemegang sertifikat IBLCE dipandu oleh Kode Etik Profesional untuk IBCLC ( Code of Professional Conduct for IBCLC, CPC) yang disusun oleh IBLCE. Prosedur Pendisiplinan IBLCE ( Diciplinary Procedures ) menetapkan proses yang dapat diikuti pemangku kepentingan untuk mengajukan pengaduan terkait perilaku pemegang sertifikai kepada IBLCE.

Di bawah ini adalah ringkasan dari pembaruan paling penting pada Prosedur Pendisiplinan dan formulir pengaduan IBLCE.

Harap perhatikan dengan saksama bahwa prosedur ini akan berlaku untuk pengaduan E&D yang diajukan SETELAH 30 Juni 2019.

Portal Elektronik untuk Pengaduan Etik & Disiplin
 
IBLCE telah menerapkan layanan berbagi berkas aman yang akan membantu pemangku kepentingan IBLCE dan IBLCE untuk bertukar dokumen dengan pengguna eksternal secara mudah dan aman. Mulai 1 Juli, pengaduan E&D akan diunggah secara langsung ke IBLCE melalui layanan berbagi berkas aman di situs web IBLCE. Kapan pun memungkinkan, komunikasi tentang proses pendisiplinan akan dilakukan melalui portal web aman IBLCE. Mereka yang terlibat dalam proses pendisiplinan dapat mengunggah dokumen ke IBLCE dan mengunduh komunikasi dari IBLCE. Sistem ini diharapkan dapat membantu penyelesaian masalah E&D dengan lebih cepat karena tidak memerlukan pengiriman surat fisik berisi materi E&D sebab komunikasi dapat dilakukan melalui portal online .

Peraturan Perlindungan Data Umum ( The General Data Protection Regulation /GDPR) tentang Proses Etik & Pendisiplinan
 
GDPR adalah undang-undang privasi yang berlaku di negara-negara Uni Eropa, juga di Islandia, Norwegia, dan Liechtenstein.
 
Mengingat IBLCE ada di banyak negara, IBLCE merevisi Prosedur Pendisiplinan dan Formulir Pengaduan untuk mengintegrasikan GDPR.
 
Formulir Pengaduan
 
Sebelum mengajukan pengaduan, IBLCE meminta pengadu untuk mempelajari Prosedur Pendisiplinan, Formulir Pengaduan, dan CPC.

 
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan pengaduan:
 
·         Pengaduan Anonim: IBLCE hanya akan mempertimbangkan pengaduan anonim yang berkaitan dengan perilaku yang tidak dapat ditoleransi, seperti kekerasan atau tindakan yang mengakibatkan cedera fisik yang signifikan.  
 
·         Ringkasan Singkat: Ringkasan singkat yang mencakup perincian dan waktu spesifik dugaan pelanggaran dengan dokumentasi pendukung yang harus disediakan, jika ada.
 
·         Bukti: Semua dokumentasi bukti yang ada untuk mendukung dugaan pelanggaran CPC harus diserahkan bersama formulir pengaduan.

·         Informasi Tangan Pertama: Seseorang yang mengajukan pengaduan harus memiliki informasi langsung dan tangan pertama tentang dugaan pelanggaran CPC yang dilakukan IBCLC.
 
·         Aduan Tidak Penting: Proses pendisiplinan tidak berlaku untuk perselisihan yang bersifat komersial atau pribadi atau perbedaan pendapat pribadi (misalnya klaim pencemaran nama baik atau penghinaan di media sosial). Pengaduan yang diajukan dengan iktikad buruk (misalnya sebagai pembalasan) dapat dipandang sebagai penyalahgunaan proses.
 
·         Pengaduan Bertanda Tangan: Pengaduan harus diajukan dan ditandatangani oleh individu (bukan oleh bisnis atau entitas).
 
·         Perilaku Tidak Etis: Komponen utama dari Pengaduan harus memuat perilaku tidak etis menurut CPC. Apakah pelanggaran yang diduga memengaruhi kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan masyarakat?

·         Informasi yang Tidak Dapat Diandalkan atau Tidak Cukup: Pengaduan yang dianggap tidak mengandung informasi yang tidak dapat diandalkan atau tidak cukup mungkin tidak akan ditindaklanjuti.
 
Sanksi
 
Sanksi dapat dijatuhkan kepada pemegang sertifikat ketika Komite E&D berhasil menentukan bahwa yang bersangkutan telah melanggar CPC. Dua kemungkinan sanksi tambahan telah ditambahkan ke prosedur pendisiplinan:
 
·         Sanksi yang mengharuskan penyerahan jaminan tertulis bahwa tindakan tersebut telah diakhiri dan tidak akan terulang kembali.
 
·         Sanksi yang mengamanatkan pendidikan berkelanjutan tentang permasalahan yang relevan dengan pelanggaran CPC (misalnya melanjutkan pendidikan yang terkait dengan etika atau ruang lingkup praktik).

Penambahan dua sanksi ini memberikan opsi tambahan sehubungan dengan penentuan E&D, termasuk pengamanatan pendidikan berkelanjutan tentang masalah-masalah yang relevan ketika suatu pelanggaran ditemukan.
 

Artikel tentang Manfaat IBCLC dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics

IBLCE dengan bangga membagikan satu artikel luar biasa dari jurnal tinjauan sejawat, Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics , kepada Anda. Artikel ini menuliskan tentang mengapa Ahli Gizi dan Dietisien Terdaftar harus fokus pada perawatan menyusui dan mempertimbangkan untuk menjadi seorang IBCLC! Artikel ini menekankan bahwa “menyusui adalah strategi nutrisi global dengan manfaat kesehatan yang terdokumentasi dengan baik,” dan mencakup banyak referensi tentang manfaat menyusui untuk kesehatan bayi dan ibu, termasuk mengurangi angka kematian bayi, dan juga mewujudkan penghematan biaya kesehatan masyarakat. Artikel ini menguraikan jalan menuju, dan manfaat dari, IBCLC dan mendorong Ahli Gizi dan Dietisien Terdaftar untuk mempertimbangkan pengambilan kredensialnya.
 
The Academy of Nutrition and Dietetics telah berbaik hati memberikan sebuah tautan sehingga para IBCLC dapat mengakses artikel ini untuk penggunaan pribadi tanpa perlu mengeluarkan biaya. Tautan ini aktif hingga 31 Agustus 2019. Mohon perhatikan bahwa ini hanyalah untuk penggunaan pribadi. Anda tidak diperkenankan untuk membagikannya melalui internet, media sosial, atau platform online lain. Jurnal ini mencakup penelitian yang telah ditinjau oleh sejawat dalam bidang ilmu pangan, nutrisi, dan dietetika.
 
IBLCE dengan ini mengakui dan mengapresiasi tindakan murah hati The Academy of Nutrition and Dietetics dalam menyediakan artikel penting ini bagi IBCLC di seluruh dunia melalui pengarahan ini.
Ikuti IBLCE di Media Sosial!